ANATOMI DAN DISAIN KURIKULUM
A.
Komponen-komponen
Kurikulum
Suatu kurikulum harus memiliki kesesuaian yang
revelensi. Kesesuaian ini meliputi dua hal. Pertama,
kesesuaian antara kurikulum dengan tuntutan, kebutuhan, kondisi, dan
perkembangan masyarakat. Kedua kesesuaian
antarkomponen-komponen kurikulum, yaitu:
1.
Tujuan
2.
Bahan Ajar
3.
Strategi
Mengajar
4.
Media Mengajar
5.
Evaluasi
Pengajaran
6.
Penyempurnaan
Pengajaran
B.
Disain Kurikulum
Disain kurikulum menyangkut dengan pola
pengorganisasian unsur-unsur atau komponen kurikulum. Penyusunan disain
kurikulum dapat dilihat dari dua dimensi, yaitu dimensihorizontal dan dimensi vertical.
Dimensi horizontal berkenan dengan penyusunan dari lingkup isi kurikulum.
Dimensi vertical menyangkut dengan penyusunan sekuens bahan berdasarkan urutan
tingkat kesulitan.
Berdasarkan pada apa yang menjadi focus pengajaran,
sekurang-kurangnya dikenal tiga pola disain kurikulum, yaitu:
1.
Subject centered design, suatu disain kurikulum yang berpusat pada bahan
ajar.
2.
Learner centered design, suatu disain kurikulum yang berpusat pada peran
siswa.
Problems centered design, suatu disain kurikulum yang berpusat pada
masalah-masalah yang dihadapi dalam masyarakat.
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Mendapatkan Nilai
Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN
di SD
Dosen: Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar