PROSES
PENGAJARAN
A.
Keseimbangan
Antara Isi dan Proses
Baik dalam uraian tentang model-model konsep
kurikulum, maupun dalam macam-macam disain kurikulum, masalah isi dan proses
pengajaran selalu menjadi tema dan titik tolak. Hal itu disebabkan kedudukan
kedua komponen kurikulum tersebut penting. Dengan demikian, tidak mengherankan
apabila ada yang berpendapat bahwa kurikulum itu tidak lain dari suatu program
pendidikan yang erisi jalinan antara isi dengan proses penyampaian.
B.
Isi dan
Kurikulum
Beberapa progam perkembangan pendidikan, terutama
pengembangan kurikulum pada sekolah dasar dan menengah, telah dilakukan dengan
mengikutsertakan para sarjana, dosen, ahli-ahli pendidikan selain guru, dari
berbagai ilmu bidang ilmu pengetahuan.
C.
Proses Belajar
Kegiatan mengajar tidak dapat dilepaskan dari
belajar, sebab keduanya merupakan dua sisi darisebuah mata uang. Mengajar
merupakan suatu upaya yang dilakukan guru agar siswa belajar. Apabila kita
mengkaji teori-teori mengajar yang ada, hamper seluruhnya dikembangkan atau
bertolak dari teori belajar. Berikut macam-macam proses belajar, yaitu:
1.
Belajar Intuitif
2.
Belajar Bermakna
3.
Hubungan
Macam-macam Belajar dengan Taksonomi Bloom
4.
Mengingat dan
Lupa
5.
Inhibisi
Proaktif dan Retroaktif
D.
Kesiapan Belajar
Tiap bahan pelajaran dapat diajarkan kepada anak
secara efektif belia sesuai dengan tingkat perkembangan anak tersebut.ada tiga
masalah penting berkenan dengan penyesuaian bahan ajar dengan perkembangan
anak:
1.
Perkembangan
Intelek
2.
Kegiatan Belajar
3.
Sepiral
Kurikulum
E.
Minat dan Motif
Belajar
Pembangkitan
motif belajar pada anak, sukar dilaksanakan apabila proses belajar lebih
menekankan pada satu-satuan kurikulum, system kenaikan kelas, sitem ujian,
serta mengutamakan kontinuitas dan pengalaman belajar.
Pembangkitan
minat belajar pada anak, ada yang bersifat sementara dan ada juga yang bersifat
tetap. Terdapat perbedaan usaha untuk membangkitkan minat yang bersifat
sementara dengan yang lebih bersifat menetap.
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Mendapatkan Nilai
Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN
di SD
Dosen: Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar