RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .....................................................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VI / I
Alokasi
Waktu : 2 x 3 5 Menit
Standar Kompetensi : Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungannya
dengan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya
yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya
Indikator : Mengidentifikasi ciri khusus
hewan yang ada sekitarnya,
misalnya kelelawar, cecak, dan bebek.
misalnya kelelawar, cecak, dan bebek.
I.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pengamatan, informasi, pemberian tugas, dan Diskusi:
A.
Siswa dapat
menyebutkan ciri khusus hewan kelelawar, cecak, bebek, dan burung hantu.
B.
Siswa dapat
menentukan lingkungan tempat hidup hewan berdasarkan ciri khusus yang
dimilikinya.
II.
Materi Pokok : Ciri
khusus makhluk hidup dan lingkungannya
III.
Model
Pembelajaran : Cooperative
IV.
Metode
Pembelajaran : Tehnik Jigsaw
V.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
Siswa diminta
menyebutkan beberapa hewan dan lingkungan hidupnya
B.
Kegiatan Inti
Membagi siswa
dalam kelompok kecil (4 orang) dinamakan kelompok Asal
Kel Asal Kel Asal Kel Asal Kel Asal Kel Asal
1 2 3 4 5
1.
Guru
menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok
asal yang terdiri atas:
a.
Menyebutkan
ciri khusus hewan kekelawar dan lingkungannya
b.
Menentukan ciri
khusus hewan cicak dan lingkungannya
c.
Menentukan ciri
khusus hewan bebek dan lingkungannya
d.
Menentukan ciri
khusus hewan burung hantu dan lingkungannya
Karena jumlah
siswa 20 orang berarti terdapat 5 kelompok asal yang terdiri dari 4 orang
anggota membahas materi yang sama
2.
Setelah selesai
melakukan diskusi dalam kelompok asal maka setiap anggota kelompok mengambil
undian tugas secara individual yang telah disediakan guru. Undian berisi
materi-materi yang telah di diskusikan
3.
Siswa diminta
menemui teman yang lain yang mempunyai tugas yang sama untuk membentuk kelompok
baru (tim ahli) dan mengerjakan tugas yang diterima. Anggota kelompok tersebut
berasal dari anggota kelompok asal yang membahas materi berbeda. Jadi anggota
kelompok yang membahas materi berbeda yang dinamakan kelompok ahli.
a.
Kelompok ahli I :
Menyebutkan ciri khusus hewan kekelawar dan
lingkungannya
lingkungannya
b.
Kelompok ahli II :
Menyebutkan ciri khusus hewan cicak dan
lingkungannya
lingkungannya
c.
Kelompok ahli III :
Menyebutkan ciri khusus hewan bebek dan
lingkungannya
lingkungannya
d.
Kelompok ahli IV : Menyebutkan ciri khusus hewan burung hantu dan
lingkungannya
lingkungannya
Setiap anggota kelompok
baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif
memberikan informasi berdiskusi.
4.
Kelompok ahli
kembali berkumpul ke kelompok asal bertugas memberikan informasi dari hasil
diskusi kelompok ahli.
5.
Meminta
perwakilan kelompok asal untuk memprestasikan hasil diskusi secara menyeluruh
dalam diskusi kelas
C.
Kegiatan Akhir
1.
Secara individu
siswa mengajarkan tugas yang diberikan guru
2.
Guru memberikan
penguatan terhadap kesimpulan siswa terhadap materi
3.
Pemajangan
hasil tugas dan Refleksi
VI.
Alat dan Sumber
Belajar
A.
Alat
1.
Kertas berisi
undian
2.
LKS
3.
Gambar hewan
B.
Sumber
1.
IPA SD kelas VI
2.
Buku penunjang
3.
Silabus / KTSP
4.
Lingkungan
VII.
Penilaian
A.
Bentuk
1.
Tes : Tertulis / Lisan
2.
Non Tes : Portofolio
B.
Alat Penilaian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Apa yang
dimiliki cicak untuk dapat merayap di dinding?
2.
Sebutkan 2 saja
ciri-ciri khusus hewan kelelawar!
3.
Sebutkan 2 saja
ciri-ciri khusus yang terdapat pada bebek!
4.
Bagaimana cara
burung hantu menangkap mangsanya!
C.
Kunci Jawaban
Soal
1.
Cecak mempunyai
guratan-guratan yang berfungsi sebagai perekat.
2.
Ciri-ciri
khusus hewan kekelawar yaitu:
a.
Memiliki
kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi
mangsanya
b.
Memiliki daya
pendengaran yang tajam
c.
Mencari makan
pada waktu malam hari
d.
Hidup di gua
yang lembab dan gelap
3.
Ciri-ciri
khusus yang terdapat pada bebek
a.
Memiliki
kaki yang berselaput sehingga mudah untuk berenang
b.
Memiliki paruh
yang berbentuk sisir untuk memudahkan mencari cacing di dalam Lumpur
c.
Bulunya
berminyak sehingga tidak basah walaupun lama berendam dalam air
4.
Ketika berburu,
burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya. Gerakan
mangsa yang ketakutan terdengar oleh burung hantu sehingga dapat menemukan
letak mangsanya.
D.
LKS
1.
Untuk kelompok
asal
Sebutkan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan di bawah ini!
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
khusus yang dimiliki
|
Tempat
tinggal
|
1
|
Kekelawar
|
|
|
2
|
Cicak
|
|
|
3
|
Bebek
|
|
|
4
|
Burung
Hantu
|
|
|
2.
Kelompok Ahli I
a.
Amatilah gambar
hewan di bawah ini!
b.
Diskusikan kelompokmu!
c.
Tulislah diri
khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
khusus yang dimiliki
|
Tempat
tinggal
|
1
|
Kekelawar
|
|
|
3.
Kelompok Ahli
II
a.
Amatilah gambar
hewan di bawah ini!
b.
Diskusikan
kelompokmu!
c.
Tulislah diri
khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
khusus yang dimiliki
|
Tempat
tinggal
|
1
|
Cicak
|
|
|
4.
Kelompok Ahli
III
a.
Amatilah gambar
hewan di bawah ini!
b.
Diskusikan
kelompokmu!
c.
Tulislah diri
khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
khusus yang dimiliki
|
Tempat
tinggal
|
1
|
Bebek
|
|
|
5.
Kelompok Ahli
IV
a.
Amatilah gambar
hewan di bawah ini!
b.
Diskusikan
kelompokmu!
c.
Tulislah diri
khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
|
Nama
Hewan
|
Ciri-ciri
khusus yang dimiliki
|
Tempat
tinggal
|
1
|
Burung
Hantu
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pengajar
(Dwi Rachmayani, M.Pd) (Fajrul Falah)
Disusun Sebagai
Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Nilai
Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN di SD
Dosen: Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN di SD
Dosen: Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar