Translate

Jumat, 22 Mei 2015

CONTOH RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) KTSP, MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEHNIK JIGSAW



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : .....................................................
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester         : VI / I
Alokasi Waktu            : 2 x 3 5 Menit
Standar Kompetensi   : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
  dengan lingkungannya
Kompetensi Dasar      : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
    yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya
Indikator                     : Mengidentifikasi ciri khusus hewan yang ada sekitarnya,
                                       misalnya kelelawar, cecak, dan bebek.

I.          Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, informasi, pemberian tugas, dan Diskusi:
A.  Siswa dapat menyebutkan ciri khusus hewan kelelawar, cecak, bebek, dan burung hantu.
B.  Siswa dapat  menentukan lingkungan tempat hidup hewan berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya.

II.          Materi Pokok                      : Ciri khusus makhluk hidup dan lingkungannya
III.          Model Pembelajaran        : Cooperative
IV.          Metode Pembelajaran       : Tehnik Jigsaw
V.          Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
Siswa diminta menyebutkan beberapa hewan dan lingkungan hidupnya

B.  Kegiatan Inti
Membagi siswa dalam kelompok kecil (4 orang) dinamakan kelompok Asal




Text Box: A2 B2
C2 D2
Text Box: A3 B3
C3 D3
Text Box: A4 B4
C4 D4
Text Box: A5 B5
C5 D5
Text Box: A1 B1
C1 D1
     Kel Asal               Kel Asal               Kel Asal             Kel Asal             Kel Asal





           
1                          2                           3                         4                           5


1.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok asal yang terdiri atas:
a.    Menyebutkan ciri khusus hewan kekelawar dan lingkungannya
b.    Menentukan ciri khusus hewan cicak dan lingkungannya
c.    Menentukan ciri khusus hewan bebek dan lingkungannya
d.   Menentukan ciri khusus hewan burung hantu dan lingkungannya
Karena jumlah siswa 20 orang berarti terdapat 5 kelompok asal yang terdiri dari 4 orang anggota membahas materi yang sama

2.    Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok asal maka setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan guru. Undian berisi materi-materi yang telah di diskusikan
3.    Siswa diminta menemui teman yang lain yang mempunyai tugas yang sama untuk membentuk kelompok baru (tim ahli) dan mengerjakan tugas yang diterima. Anggota kelompok tersebut berasal dari anggota kelompok asal yang membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok yang membahas materi berbeda yang dinamakan kelompok ahli.
a.    Kelompok ahli I   : Menyebutkan ciri khusus hewan kekelawar dan
                                lingkungannya

Text Box: A1 A2 A3 A4 A5
b.    Kelompok ahli II  : Menyebutkan ciri khusus hewan cicak dan
                                 lingkungannya

Text Box: B1 B2 B3 B4 B5

c.    Kelompok ahli III   : Menyebutkan ciri khusus hewan bebek dan
                                  lingkungannya

Text Box: C1 C2 C3 C4 C5

d.   Kelompok ahli IV : Menyebutkan ciri khusus hewan burung hantu dan
                                lingkungannya

Text Box: D1 D2 D3 D4 D5

Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi berdiskusi.

4.    Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok asal bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
5.    Meminta perwakilan kelompok asal untuk memprestasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas

C.  Kegiatan Akhir
1.    Secara individu siswa mengajarkan tugas yang diberikan guru
2.    Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan siswa terhadap materi
3.    Pemajangan hasil tugas dan Refleksi

VI.          Alat dan Sumber Belajar
A.  Alat
1.    Kertas berisi undian
2.    LKS
3.    Gambar hewan

B.  Sumber
1.    IPA SD kelas VI
2.    Buku penunjang
3.    Silabus / KTSP
4.    Lingkungan

VII.          Penilaian
A.  Bentuk
1.    Tes                : Tertulis / Lisan
2.    Non Tes        : Portofolio

B.  Alat Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.    Apa yang dimiliki cicak untuk dapat merayap di dinding?
2.    Sebutkan 2 saja ciri-ciri khusus hewan kelelawar!
3.    Sebutkan 2 saja ciri-ciri khusus yang terdapat pada bebek!
4.    Bagaimana cara burung hantu menangkap mangsanya!

C.  Kunci Jawaban Soal
1.    Cecak mempunyai guratan-guratan yang berfungsi sebagai perekat.
2.    Ciri-ciri khusus hewan kekelawar yaitu:
a.    Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya
b.    Memiliki daya pendengaran yang tajam
c.    Mencari makan pada waktu malam hari
d.   Hidup di gua yang lembab dan gelap
3.    Ciri-ciri khusus yang terdapat pada bebek
a.    Memiliki  kaki yang berselaput sehingga mudah untuk berenang
b.    Memiliki paruh yang berbentuk sisir untuk memudahkan mencari cacing di dalam Lumpur
c.    Bulunya berminyak sehingga tidak basah walaupun lama berendam dalam air

4.    Ketika berburu, burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya. Gerakan mangsa yang ketakutan terdengar oleh burung hantu sehingga dapat menemukan letak mangsanya.

D.  LKS
1.    Untuk kelompok asal
Sebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan di bawah ini!
No
Nama Hewan
Ciri-ciri khusus yang dimiliki
Tempat tinggal
1
Kekelawar


2
Cicak


3
Bebek


4
Burung Hantu



2.    Kelompok Ahli I
a.    Amatilah gambar hewan di bawah ini!
b.    Diskusikan kelompokmu!
c.    Tulislah diri khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
       
No
Nama Hewan
Ciri-ciri khusus yang dimiliki
Tempat tinggal
1
Kekelawar



3.    Kelompok Ahli II
a.    Amatilah gambar hewan di bawah ini!
b.    Diskusikan kelompokmu!
c.    Tulislah diri khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!

No
Nama Hewan
Ciri-ciri khusus yang dimiliki
Tempat tinggal
1
Cicak


  
4.    Kelompok Ahli III
a.    Amatilah gambar hewan di bawah ini!
b.    Diskusikan kelompokmu!
c.    Tulislah diri khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
Nama Hewan
Ciri-ciri khusus yang dimiliki
Tempat tinggal
1
Bebek




5.    Kelompok Ahli IV
a.    Amatilah gambar hewan di bawah ini!
b.    Diskusikan kelompokmu!
c.    Tulislah diri khusus hewan berdasarkan pengamatanmu!
No
Nama Hewan
Ciri-ciri khusus yang dimiliki
Tempat tinggal
1
Burung Hantu








 















Mengetahui,

  Kepala Sekolah                                                         Pengajar





(Dwi Rachmayani, M.Pd)                                             (Fajrul Falah)

Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Nilai
Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKN di SD
Dosen: Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar